Jumat, 08 Maret 2013

HYUNDAI NEW H-1 CLASSIC MT


  HYUNDAI H-1 CLASSIC
 Mesin : 2.497 cc 4 silinder, 136 dk
Torsi maksimum : 336 Nm/1.500 rpm
0-100 km/jam : N/A
Konsumsi BBM tol : N/A
Transmisi : Manual 6-speed/RWD
P x L x T : 5.125 x 1.920 x 1.925 mm
Wheelbase : 3.200 mm
Ground clearance : 190 mm
Ukuran ban : 225/65 R16
  Harga : Rp 325 juta

Hyundai H-1 merupa­kan rajanya ruang dan harga. Ia memiliki ka­bin selega dan senyaman VW Caravelle dengan banderol tak sampai sete­ngahnya. Sekarang ada cara lebih murah lagi untuk mendapatkannya.

Sambutlah H-1 Classic yang baru saja diluncurkan pertengahan Agustus ini. Dijual seharga Rp 325 juta, berarti ia hanya Rp 25,2 juta lebih tinggi dibanding Toyota Kijang 2.5V A/T, dan bahkan lebih murah hampir Rp 10 juta dibanding Nissan Serena Highway Star. Padahal dari segi dimensi H-1 Classic berada jauh di atasnya. Jadi apa komprominya?

Menurut Hyundai, H-1 Classic digelontorkan untuk memenuhi permintaan unik sejumlah konsumen mereka yang memakai jasa pengemudi. Mereka tak butuh kelengkapan canggih di kabin depan, dengan begitu harga bisa dikurangi.

Sebagai awalan, walau mesin turbo dieselnya setipe dengan H-1 CRDi, namun ia menelurkan tenaga 34 dk lebih kecil yakni 136 dk. Transmisi otomatis juga diganti dengan Manual 6-speed. Untunglah koplingnya cukup enteng dan tuas berada dalam jangkauan yang terbilang ergonomis.


 Ruang belakang sangat lega dan membuai penumpang

Monitor dan DVD player jadi standar


Proses pelucutan fitur masih berlanjut. Penyetelan spion hanya bisa dilakukan secara manual, dan tidak ada tombol pengatur apapun di kemudi. Steer kemudinya Statis, Saat di kendarai, memang lebih simpel ketimbang H-1 versi mewah. Torsinya memang tetap kuat,  bertransmisi manual.

Lantas bagaimana dengan di belakang?

Seperti biasa, ruang lega khas H-1 akan segera membuat Anda tersenyum saat menaikinya. Tersedia ruang kaki dan kepala setara duduk di penerbangan kelas utama. Meski merupakan versi minim fitur, Hyundai masih memberi blower AC hingga paling belakang serta DVD player plus monitor sebagai standar.

Jok menggunakan konfigurasi 3-2-3 dengan 2 captain seat di baris tengah. Hyundai juga mengganti sabuk pengaman 3 titik di belakang menjadi hanya 2 titik. Meski secara teoritis mengurangi nilai keamanan, toh saat ini hanya segelintir orang yang mau memakai safety belt di belakang. Kehadiran seat belt 2 titik menjadikannya lebih praktis dan murah.

Jok belakang juga bisa dilipat untuk menambah kapasitas angkut barang.


 Tanpa elemen pemanas kaca belakang


Jok lipat menambah kapasitas

Audio single-DIN pemutar DVD


 Transmisinya manual 6-speed

 Atur spion secara manual


 Kaca samping bisa dibuka walau sedikit



 FIRST OPINION
Cocok untuk Antar Jemput Karyawan dan Anak Sekolah, atau di saat berpergian bersama Keluarga, H-1 Classic Kelas Big MPV yang Murah, Irit dan Luas di kelasnya. Kenyamanan ala MPV mewah tapi dengan harga setara Medium MPV. Belum lagi kelegaannya yang tiada tara.

SEKILAS PANDANG

- Sudah dijual sekarang
- Merupakan H-1 versi termurah dan basisnya serupa Starex
- Pelek aluminium tetap jadi standar


 BENTUKNYA TIDAK JAUH BERBEDA DARI KELAS H1 DI ATASNYA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar